SUATU HAL YANG LANGKA TAPI NYATA ADALAH SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN BUKAN SAJA MEWARISKAN AJARAN YANG TERSTRUKTUR DAN TERSUSUN RAPI YANG DILENGKAPI DENGAN PETUNJUK DAN ATURAN SECARA TERTULIS DAN TERDOKUMENTASI TERGOLONG CARA CARA MODERN. SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MELENGKAPI AJARANNYA BERUPA WARISAN PERKAMPUNGAN ATAU KOMPLEK PENGEMBANGAN THARIQAT UNTUK ANAK CUCU DAN MURID MURIDNYA. PERKAMPUNGAN ITU BERNAMA “BABUSSALAM”. ATAU SELALU JUGA DISEBUT BUSILAM.
PERKAMPUNGAN INI SEBAGAI MODEL DAN CONTOH SEKALIGUS MENGGAMBARKAN BAGAIMANA MANUSIA BERUSAHA, BERGAUL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP DUNIA NYATA SEHARI HARI DENGAN BERUSAHA DAN BEKERJA SERTA BERGAUL DENGAN MASYARAKAT LAIN SAMPAI IKUT SERTA BERPERAN AKTIF DI BIDANG SOSIAL KEMASYARAKATAN DAN PEMERINTAHAN NAMUN TETAP BERORIENTASI PADA NILAI NILAI ISLAM DAN DIDASARKAN DALAM RANGKA MELAKSANAKAN IBADAH DAN MENUNAIKAN PERINTAH DARI ALLAH SWT. SEKILAS DESA BESILAM MIRIP DENGAN SEBUAH PERKAMPUNGAN PESANTREN YANG TERPISAH DENGAN PEMUKIMAN PENDUDUK LAINNYA, NAMUN TERKESAN TEDUH, ASRI DAN DAMAI. TERLIHAT DARI KEJAUHAN SEBUAH MUSHOLLA SEBUTANNYA YANG SEBENARNYA SEBUAH MASJID UTAMA DAN SEBUAH BANGUNAN BERKUBAH LENGKUNG DI SEBELAH MASJID TERDAPAT PULA BANGUNAN UTAMA TERBUAT DARI KAYU HITAM YANG BESAR DENGAN GAYA RUMAH PANGGUNG SERTA BEBERAPA BANGUNAN TAMBAHAN LAINNYA SELAIN TERDAPAT MAKAM SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN. KAMPUNG INI JUGA MERUPAKAN PUSAT SEKALIGUS PANDUAN SERTA PANUTAN DAN ACUAN DALAM PENYEBARAN THARIKAT NAQSYBANDIYAH BABUSSALAM YANG SEKARANG DIPIMPIN OLEH TUAN GURU DR.HAJI ZIKMAL FUAD MA AGAR TERJAGA KEASLIAN DAN TIDAK MENYIMPANG DARI AJARAN AWAL DARI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SAMPAI SEKARANG.
DENGAN DEMIKIAN KOMPLEK BUSILAM LANGKAT DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI SUATU LEMBAGA SEJENIS PESANTREN, NAMUN JIKA PESANTREN SEKARANG MURID DAN ANAK DIDIKNYA MASIH BERUSIA BELIA DENGAN ATURAN DAN KURIKULUM SERTA JENJANG PENDIDIKAN FORMAL. SEMENTARA KOMPLEKS BUSILAM LANGKAT TERKATEGORI KHUSUS YANG DISEDIAKAN UNTUK PARA ORANG BAYA DAN TUA UMUMNYA BERUMUR 40 ATAU 50 TAHUN KEATAS, NONFORMAL LEBIH KEPADA PEMBERIAN PELAJARAN DAN PRAKTEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDEKATAN KEPADA YANG MAHA KUASA.
TIDAK CUKUP SAMPAI DISITU SAJA, SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN JUGA MENYIAPKAN AJARAN THAREKAT DAN LEMBAGA SEBAGAI WADAHNYA, AKAN TETAPI PEMIKIRANNYA JAUH KE DEPAN TENTANG KEBERLANGSUNGAN DAN REGENERASI DARI YANG DIKETAHUI MERUPAKAN SALAH SATU YANG MEMBUAT SUATU AJARAN ATAU LEMBAGA TIDAK DAPAT BERTAHAN DALAM WAKTU LAMA KARENA TIDAK SIAPNYA REGENERASI ATAU PERGANTIAN PIMPINAN YANG AKAN MELANJUTKAN LEMBAGA ATAU AJARAN SEHINGGA MENJADI BUBAR. TIDAK BEGITU HALNYA DENGAN AJARAN THAREKAT NAQSYABANDIYAH SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN. TERBUKTI SETELAH TUAN GURU SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN WAFAT, KEDUDUKAN MURSYID DAN NADZIR BABUSSALAM DITERUSKAN OLEH PUTRA KETURUNAN BELIAU SAMPAI KURUN WAKTU HITUNGAN ABAD, MULAI DARI YANG PERTAMA TUAN GURU SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN AL-KHALIDI AL-NAQSYABANDI, SAMPAI SEKARANG TUAN GURU KE 11, SYEKH DR HAJI ZIKMAL FUAD M.A.
Komentar
Posting Komentar