Langsung ke konten utama

NAPAK TILAS SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN, Part 11


WALI ALLAH, ULAMA DAN SUFI, SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN TIDAK HANYA SEMATA-MATA MENGEMBANGKAN DAN MENYEBARKAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH ATAU URUSAN AKHIRAT SAJA KEPADA MURID DAN PENGIKUTNYA, SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN JUGA IKUT MEMIKIRKAN DAN BERBUAT UNTUK URUSAN DUNIA, TERMASUK KECINTAANNYA TERHADAP NEGARA, BERJUANG MELAWAN PENJAJAHAN. TERBUKTI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN IKUT SERTA DALAM PERANG MELAWAN BELANDA DI ACEH PADA TAHUN 1308 H TAHUN 1891M. BERDASARKAN KETERANGAN DARI PIHAK BELANDA SENDIRI DIBUKTIKAN DENGAN HASIL POTRETNYA SAAT KEJADIAN. SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MAMPU TERBANG DI ANGKASA, DENGAN GAGAH BERANI, BAHKAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN DIAKUI BELANDA TIDAK MAMPU DITEMBAK SENJATA. SELAIN ITU IA BERSAMA MURID-MURIDNYA IKUT MELAWAN BELANDA PADA TAHUN 1873-1904 M. MEMBANTU SULTAN DELI DALAM MENGHADAPI TEKANAN BELANDA YANG INGIN MENGUASAI TANAH MILIK RAKYAT. IA BAHKAN PERNAH DITANGKAP DAN DIPENJARA OLEH BELANDA KARENA DIANGGAP SEBAGAI TOKOH YANG MENGHASUT RAKYAT UNTUK MEMBERONTAK.

HAL INI MENUNJUKKAN WALAUPUN TUAN GURU SYEIKH ABDUL WAHAB ROKAN TERKENAL ZUHUDNYA, NAMUN BELIAU TIDAK MENGABAIKAN PERJUANGAN DUNIAWI, HAL INI DIBUKTIKAN LAGI OLEH BELIAU BERSAMA DENGAN SULTAN ZAINAL ABIDIN, SULTAN KERAJAAN ROKAN DAN HAJI ABDUL MUTHALLIB MUFTI PERNAH MENGAGASPERSATUAN ROKAN BERTUJUAN SECARA UMUMNYA ADALAH UNTUK KEMASLAHATAN DAN KEBAJIKAN ROKAN. WALAU BAGAIMANA PUN TUJUAN UTAMANYA ADALAH PERJUANGAN KEMERDEKAAN UNTUK MELEPASKAN KERAJAAN ROKAN DARI PENJAJAHAN BELANDA.

PADA SUATU SAAT BABUSSALAM PERNAH DIHANCURKAN OLEH BELANDA DAN MENGAKIBATKAN TUAN GURU DAN PARA PENGIKUTNYA AKHIRNYA MENGUNGSI. SETELAH DIRASA AMAN, MAKA BELIAU KEMBALI KE BABUSSALAM, SETELAH TERHARU MENYAKSIKAN KAMPUNG YANG DIBANGUNNYA MENJADI SEPI DAN HANCUR, TUAN GURU BERSAMA PENGIKUTNYA, KEMBALI MEMBANGUN BABUSSALAM DAN MENETAP KEMBALI DISANA. TAK SEKADAR BERKEMBANG PESAT, TUAN GURU BERSAMA BABUSSALAM TUMBUH SEBAGAI BASIS ISLAM YANG DISEGANI.

BUKTI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN DIAKUI SEBAGAI PEJUANG PEMBELA NEGARANYA ADALAH ADANYA USAHA PEMERINTAH KOLONIAL BELANDA BERUSAHA MENJINAKKANNYA. BERUPA PEMBERIAN GELAR KEHORMATAN. PADA TAHUN 1342 H 1923 M ASISTEN RESIDEN BELANDA BERSAMA SULTAN LANGKAT MENYEMATKAN BINTANG EMAS UNTUK TUAN GURU SYEKH ABDUL WAHHAB ROKAN. PADA PEMBERIAN BINTANG EMAS TERSEBUT WAKIL PEMERINTAH BELANDA MENYAMPAIKAN PIDATONYA PADA UPACARA PENYEMATAN BINTANG ITU, BAHWA PEMBERIAN BINTANG EMAS DIKARENAKAN SYEIKH ABDUL WAHAB ROKAN SEORANG YANG BANYAK JASA MENGAJAR AGAMA ISLAM DAN MEMPUNYAI MURID YANG BANYAK DI SUMATERA DAN SEMENANJUNG MALAYA SERTA DAERAH LAINNYA.

NAMUN SAYANG PENYEMATAN BINTANG EMAS ITU BUKANLAH MERUPAKAN KEBANGGAAN BAGINYA, KARENA MENURUT SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN PEMBERIAN PENGHARGAAN INI ADA MAKSUD TERTENTU DARIPIHAK PENJAJAH BELANDA UNTUK MEMPERALAT BELIAU BAGI KEPENTINGAN KAUM PENJAJAH.OLEH KARENA ITU, DENGAN TEGAS TUAN GURU SYEIKH ABDUL WAHAB ROKAN BERKATA KETIKA ITU JUGA, JIKA SAYA DIPANDANG SEORANG YANG BANYAK JASA, MAKA SAMPAIKANLAH PESAN (AMANAH) SAYA KEPADA RAJA BELANDA SUPAYA IA MASUK ISLAM.'

TUAN GURU MENILAI BAHWA PEMBERIAN BINTANG ITU MERUPAKAN PERINGATAN DARI ALLAH KEPADANYA SECARA TIDAK LANGSUNG. UNTUK ITU IA MEMINTA PENGIKUTNYA LEBIH GIAT DALAM RANGKA MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH. SEDANGKAN BINTANG KEHORMATAN BINTANG EMAS ITU PUN DISERAHKAN KEPADA SULTAN LANGKAT UNTUK DIKEMBALIKAN KEPADA BELANDA.

TERLIHAT URAIAN SEKILAS SECARA ZAHIR BERBAGAI PERJALANAN DAN GERAK LANGKAH SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SELAMA HAYATNYA DALAM PENGEMBANGAN DAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM KHUSUSNYA THAREKAT NAQSYABANDIYAH, PERJUANGANNYA JUGA DIPERLIHATKAN SECARA BATHIN YANG PERISTIWANYA BAHKAN DILUAR AKAL DAN PIKIRAN MANUSIA BIASA SEBAGAI SALAH SATU TANDA BAHWA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN BUKANLAH ORANG BIASA AKAN TETAPI DIBERIKAN OLEH ALLAH SWT SUATU KELEBIHAN DARI MANUSIA LAINNYA DIKARENAKAN AMAL IBADAH DAN PENDEKATAN DIRINYA YANG BERBEDA DENGAN MANUSIA LAINNYA.

HAL INI PULA YANG MEMBUAT SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN TERGOLONG WALI ALLAH YANG SECARA UMUM ADALAH ORANG YANG BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA ALLAH BAIK BERUPA PERKATAAN, PERBUATAN DAN SELURUH SISI KEHIDUPANNYA,UNTUK MENUNJUKAN DAN AGAR DIKETAHUI OLEH MANUSIA LAINNYA MAKA KELEBIHANNYA TERSEBUT SEWAKTU WAKTU DIPERLIHATKAN ATAU DINAMPAKKAN KEPADA MANUSIA LAIN. HAL ITU BIASA DIKENAL DENGAN KAROMAH, YAITU KEMULIAAN ATAU PENGHORMATAN PEMBERIAN DARI ALLAH SWT BERUPA PERISTIWA ATAU KEADAAN YANG DI LUAR BATAS AKAL SEHAT ATAU NALAR BIASA MANUSIA YANG TERJADI PADA INDIVIDU TERTENTU. KARENA KAROMAH MERUPAKAN KEJADIAN DI LUAR AKAL MANUSIA BIASA, MAKA DIAKUI SECARA ILMIAH AKAN SULIT KITA TEMUI BAHAN REFERENSI SEBAGAI ACUAN SEBUAH TULISAN, NAMUN PENGAKUAN PERISTIWA YANG TERJADI DISAKSIKAN OLEH SESEORANG. KEMUDIAN CERITA DARI MULUT KE MULUTLAH YANG DAPAT DIPEGANG TENTANG KEBENARANNYA.

Komentar

© 2020 YUSMAR YUSRO

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.