Langsung ke konten utama

NAPAK TILAS SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN, Part 8

BUKTI LAIN YANG DAPAT DIJADIKAN DASAR BERUPA DOKUMEN SEBAGAI PEDOMAN BAGI MURID DAN JAMAAHNYA ADALAH DICETAKNYA BUKU YANG BERJUMLAH 10 BUAH DENGAN BERBAGAI JUDUL BERISI 500 SAMPAI 1000 HALAMAN. SEHINGGA DENGAN KARYA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN TERSEBUT ILMUAN LUAR NEGERI MARTIN VAN BRUINESSEN MENGAKUI DAN MENGGAMBARKAN SOSOK SYEKH ABDUL WAHAB SEBAGAI KHALIFAHNYA SULAIMAN ZUHDI YANG PALING MENONJOL DI SUMATERA DAN MALAYA SEORANG MELAYU DARI PANTAI TIMUR APALAGI MENURUT MARTIN VAN BRUINESSEN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SAMPAI MEMPERSIAPKAN KADER DAN GENERASI PENERUSNYA DENGAN MENGANGKAT 120SERATUS DUA PULUH KHALIFAH DI SUMATERA DAN 8 DELAPAN ORANG DI SEMENANJUNG MALAYA. 

SAMPAI SAMPAI MARTIN VAN BRUINESSEN MENYEBUT SYEKH MELAYU INI (SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN) MEMILIKI PENGARUH YANG DEMIKIAN LUAS DI KAWASAN SUMATERA DAN MALAYA.

PENGAKUAN LUAR NEGERI JUGA SEBAGAIMANA DIUNGKAPKAN ZIKMAL FUAD, MENGUTIP PERNYATAAN NUR A. FADHIL LUBIS PADA SEMINAR “PERBANDINGAN PENDIDIKAN INDONESIAAMERIKA” DI AULA PESANTREN DARUL ARAFAH MEDAN  17 AGUSTUS TAHUN 1992  BAHWA NAMA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SANGAT DIKENAL DAN DIPERHITUNGKAN DI KALANGAN MISIONARIS DAN ORIENTALIS DI AMERIKA KIPRAH DAN TEROBOSAN SERTA JASA DAN PENGABDIAN SEKALIGUS POIN KELEBIHAN DARI ULAMA KERAMAT SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN INI, TIDAK TERBATAS HANYA DI BIDANG KEAGAMAAN SEMATA ATAU PUSAT DARI PEMBENTUKAN MENTALSPRITUAL,AKAN TETAPI JUGA MEMBIMBING MURID DAN PENGIKUTNYA PADA URUSAN EKONOMI SOSIAL KEMASYARAKATAN, TERMASUK PEMBANGUNAN FISIK DAN MATERIAL DALAM RANGKA MEMENUHI KEBUTUHAN DUNIA SEPERTI BERUSAHA DI BIDANG PERTANIAN PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN TANAMAN PALAWIJA DAN BUAH-BUAHAN HAL INI TERCATAT PADA TAHUN 1906 MASEHI, 40 TAHUN SEBELUM INDONESIA MARDEKA DI KAMPUNG BABUSSALAM DIBUKA PERKEBUNAN JERUK MANIS SEBANYAK 400 BATANG DAN MENGHASILKAN UANG SEBANYAK 7.000 GULDEN JIKA DIKONVERSI SEKARANG SEKITAR 60 JUTA RUPIAH PER TAHUNNYA. KEMUDIAN DIIKUTI OLEH MURID MURIDNYA MEMPUNYAI  20-30 POHON PERORANG PADA TAHUN 1911 M, SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MENGUTUS H. BAKRI DAN FAKIH KAMALUDDIN TEMBUSAI PERGI KE PERAK UNTUK MENCARI BIBIT KARET  DAN BERHASILMEMBAWA PULANG 18 GONI BIBIT POHON KARET DARI PERAK MALAYSIA. INOVASI INI MEMBUAT BABUSSALAM MENJADI KAMPUNG TELADAN

TIDAK KETINGGALAN DI BIDANG BUDAYA SEBAGAI IDENTITAS MASYARAKAT JUGA MENDAPAT PERHATIAN SYEK ABDUL WAHAB ROKAN AGAR MURID DAN PENGIKUT SERTA KAMPUNG BABUSSALAM MEMPUNYAI BUDAYA ISLAMI  KEHIDUPAN MASYARAKATNYA PUN DIATUR DALAMPERATURAN-PERATURAN YANG DIDASARKAN PADA HUKUM DAN NILAI-NILAI ISLAM YANG TERMUAT DALAM “RISALAH PERATURAN PERATURAN BABUSSALAM” YANG BERISI, BEBERAPA KARANGAN DAN ANJURAN, SEPERTI DILARANG MENETAP DI KAMPUNG BABUSSALAM BAGI SELAIN MUSLIM MEMAKAI KAIN YANG BERCORAK HEWAN PELIHARAAN TIDAK DIPERBOLEHKAN BERKELIARAN  TIDAK DIPERBOLEHKAN  MEMELIHARA HEWAN YANG DIHARAMKAN DIDALAM ISLAM DILARANG MENDIRIKAN RUMAH MEWAH DAN MEGAH DILARANG KERAS MEROKOK DIWAJIBKAN UNTUK MENJALANKAN SHALAT BERJAMAAH DI MADRASAH MASJID DILARANG MENGGUNAKAN PERHIASAN YANG BERLEBIHAN BAGI KAUM WANITA PARA PEMUDA BALIGH DILARANG TIDUR DI RUMAH ORANG TUANYA.

DILARANG UNTUK MENGADAKAN HIBURAN YANG BERLEBIHAN. JALAN UNTUK PRIA DAN WANITA HARUS DIPISAHKAN.WANITA MELAKSANAKAN SHALAT JUMAT. TIDAK DIPERBOLEHKAN BERADA DI LUAR RUMAH DAN KELUAR MASUK KAMPUNG DI ATAS JAM 10 MALAM MEMBACA SHALAWAT DAN TARHIM MENJELANG DIKUMANDANGKAN ADZAN PADA WAKTU SHALAT LIMA WAKTU SAMPAI MURID HARUS MENGHORMATI GURU.

BIMBINGAN DAN PERGAULAN KEHIDUPAN DUNIA SAMPAI KE POLITIK DIAJARKAN DAN DICONTOHKAN JUGA OLEH SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN KEPADA MURID DAN PENGIKUTNYA SEBAGAIMANA DIJELASKAN BRUINESSEN BAHWA SYAIKH ABDUL WAHAB ROKAN MENDUKUNG KESULTANAN LANGKAT.

SEJARAH JUGA MENCATAT BAHWA ADANYA KETERLIBATAN SYEKH ABDUL WAHAB DALAM DUNIA POLITIK, SEPERTI PERGERAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA  SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN IKUT MEMAINKAN PERANAN PENTING DIBUKTIKAN PADA TAHUN 1332 H1913 MASEHI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MENGIRIM DELEGASI KEMUSYAWARAH NASIONAL SYAREKAT ISLAM DI JAWA  ANGGOTA DELEGASI ADALAH DUA ORANG PUTRA TUAN GURU FAKIH TUAH DAN FAKIH TAMBAH DAN SEORANG TOKOH BERNAMA H. IDRIS KELANTAN MEREKA LANGSUNG BERTEMU DENGAN H.O.S. COKROAMINOTO DAN RADEN GUNAWAN. 

SETELAH DELEGASI INI KEMBALI DARI JAWA  KEPADA MEREKA DIBERIKAN WEWENANG UNTUKMENDIRIKAN SYARIKAT ISLAM CABANG BABUSSALAM  YANG DIKETUAI OLEH H. IDRIS KELANTAN SEKRETARIS HASAN TONEL  SEDANG SYAIKH ABDUL WAHAB ROKAN SEBAGAI PENASEHAT. PENDIRIAN SYARIKAT ISLAM DI BABUSSALAM TIDAK TERLEPAS DARI STRATEGI TUAN GURU SEBAGAI SUATU BENTUK PERLAWANAN TERHADAP KOLONIAL BELANDA.

MENURUT TEORI ALEX INKLES  SALAH SATU CIRI MANUSIA MODERN ADALAH AKTIFBERPOLITIK DENGAN DEMIKIAN SYAIKH ABDUL WAHAB ROKAN DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI MANUSIA MODERN PADA ZAMANNYA.  SEHINGGA DENGAN GERAK LANGKAHYA TERSEBUT TAREKAT NAQSYABADIYAH BABUSSALAM DAPAT BERTAHAN SAMPAI KINI  DAN DAPATMENYEBAR BUKAN SAJA DI DALAM NEGERI TETAPI JUGA KE MANCANEGARA.

Komentar

© 2020 YUSMAR YUSRO

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.