PERJUANGAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN DALAM MENGEMBANGKAN THARIQAT NAQSYABANDIYAH TIDAKLAH SEPERTI SULAP, SIM SALABIMNYA ALADIN MELAINKAN PENUH DENGAN LIKA-LIKU, COBAAN DAN HALANGAN SERTA RINTANGAN. NAMUN KARENA KEGIGIHAN, KEULETAN KESABARAN SERTA TAWAQAL DAN KEIKHLASANNYA SERTAKEYAKINANNYA KEPADA YANG KUASA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MAMPU MENGATASINYA.
SELAIN ITU ADA BEBERAPA KELEBIHAN YANG DIMILIKI OLEH SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN YANG MEMBUAT AJARAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH BISA EKSIS BERTAHAN DAN LESTARI MENGIKUTI PERKEMBANGAN PERADABAN DUNIA, SEKALIGUS DAPAT KITA PETIK HIKMAH DAN NILAINYA UNTUK PENGETAHUAN BAGI KITA SEMUA, BAIK DARI SISI AGAMA MAUPUN SOSIAL KEMASYARAKATAN, ANATARA LAIN, KARENA TUAN GURU SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN.1. PENGEMBANGAN DAN PENYEBARLUASAN AJARAN TAREKAT NAQSYABANDIAH DIDASARINYA TERLEBIH DAHULU DENGAN MEMBEKALI DIRINYA DENGAN PENGUASAAN BEBERAPA BIDANG ILMU YANG KUAT DAN MENDALAM TENTANG THARIQAT NAQSYABANDIAH ITU SENDIRI.
2. MEMILIH DAN MENJADIKAN MASJID SEBAGAI PUSAT UTAMA DALAM PENGEMBANGAN THARIQAT NAQSYABANDIYAH.
3.DIKELOLA SECARA ORGANISASI DENGAN DASAR KEBERSAMAAN KEKELUARGAAN SERTA RASA MEMILIKI YANG KUAT, SEHINGGA LEMBAGA INI TERPELIHARA DENGAN BAIK.
4. MEMBERIKAN ILMUNYA KEPADA MURID DAN PENGIKUTNYA SECARA PENUH, DIIKUTI DENGAN PEMBERIAN KEPERCAYAAN KEPADA MURID DAN PENGIKUTNYA YANG MENGUASAI UNTUK DILANTIK SEBAGAI WAKIL ATAU PENERUSNYA.
5. MENJAGA KEASLIAN AJARANNYA DENGAN MENYEDIAKAN PETUNJUK KHUSUS SECARA TERTULIS BERUPA KHUTBAH, SYAIR, PANTUN SAMPAI KE WASIAT 44 TUAN GURU.
6. MENANAMKAN HUBUNGAN BATHIN YANG KUAT ANTARA SESAMA PENGANUT AJARAN TARIQAT NAQSYABANDIYAH SEHINGGA TERCIPTA KEAKRABAN DAN KESETIAAN SERTA TERJAUH DARI PERSAINGAN TIDAK SEHAT DIANTARA SESAMANYA.
7. MEWARISKAN MODEL PENGELOLAAN DALAM BENTUK LEMBAGA DAN KOMPLEK PENGELOLAAN DILENGKAPI DENGAN PETUNJUK DAN ATURAN PENGELOLAANYA.BERNAMA KAMPUNG BABUSSALAM ATAU BESILAM.
8. MENETAPKAN GARIS DAN ALUR PERGANTIAN PIMPINAN SULUK ATAU TUAN GURU BABUSSALAM UNTUK MENJAGA REGENERASI PIMPINAN AGAR AJARAN THARIQAT NAQSYABANDIYAH DAPAT TERUS HIDUP MENGIKUTI PERKEMBANGAN ZAMAN.
9. DIADAKANNYA PERTEMUAN AKBAR DI BUSSILAM LANGKAT SEBAGAI AJANG UJI PENGETAHUAN, KEMAMPUAN DIKLAT DAN EVALUASI SALING ISI MENGISI DAN KOREKSI KEPADA SELURUH MURID DAN PENGIKUTNYA SETIAP TAHUN DALAM BENTUK HAUL ATAU PERINGATAN KEMATIAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN.
GAMBARAN PERJALANAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MULAI DARI 44 TAHUN DI TANAH KELAHIRANNYA DANAU RUNDA RANTAU BINUANG SAKTI KEMUDIAN SAAT MENIMBA ILMU DI BIDANG KEAGAMAAN SELAMA 11 TAHUN BAIK DALAM MAUPUN LUAR NEGERI, MENGEMBANGKAN THARIQAT NAQSYABANDIAH DI BERBAGAI TEMPAT SELAMA 18 TAHUN SAMPAI KEPADA KOMPLEK THARIQAT BABUSSALAM SEKARANG SELAMA 42 TAHUN, KIRANYA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN PANTAS DAN SANGAT WAJAR MENDAPATKAN APRESIASI YANG TINGGI BAIK DARI MASYARAKAT KHUSUSNYA UMAT ISLAM MAUPUN DARI PEMERINTAH. LEMBAGA YANG BERDIRI MANDIRI TANPA MEMINTA BELAS KASIHAN DARI BERBAGAI PIHAK TERMASUK PEMERINTAH,
NAMUN JUSTRU BERBAGAI PIHAK TERMASUK PEMERINTAH JUSTRU YANG BERSEDIA SECARA SUKA RELA UNTUK MEMBANTU, SEHINGGA PERKAMPUNGAN SULUK BUSILAM LANGKAT TETAP TEGAK BERDIRI KOKOH SEMAKIN MAJU SAMPAI HITUNGAN ABAD LAMANYA.
TUAN GURU WAFAT TEPAT PADA USIA 115 TAHUN, PADA TANGGAL 21 JUMADIL AWAL 1345 H (27 DESEMBER 1926), TUAN GURU KHARISMATIK TERSEBUT TUTUP USIA, MENINGGALKAN 4 ISTRI, 26 ANAK, DAN PULUHAN CUCU, SEBAGAI PEWARIS AJARAN THARIQAT NAQSYABANDIAH DARI MASA KE MASA. KHOLIFAH BESAR INI TELAH MELAHIRKAN RATUSAN KHOLIFAH, FAQIH DAN DAI SEBAGAI PENERUS AJARAN THARIQAT NYA AGAR TETAP LESTARI, SUFI YANG DISEGANI DAN SEIRAMA ANTARA PERKATAAN DAN PERBUATANNYA MEMPUNYAI PULUHAN CABANG LEMBAGA SULUK DALAM DAN LUAR NEGERI YANG MEMBUAT AJARANNYA BISA BERTAHAN SAMPAI KAPANPUN, WALI ALLAH YANG KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN MELEBIHI ZAMANNYA INI MEMEBERIKAN MANFAAT KEPADA RIBUAN BAHKAN JUTAAN ORANG.
TUAN GURU INI BUKANLAH MENAMPAKKAN DIRI INDAH, MENGAPUNG DAN MENGGUNUNG SERTA SEPERTI BUIH DI LAUT, MELAINKAN TERSEMBUNYI, TIDAK BERBANGGA DIRI NAMUN MEMILIKI DAN MEMPUNYAI MUTU DAN KWALITAS YANG TINGGI BAK MUTIARA. KENAPA JASA DAN PENGABDIANNYA SAMPAI KINI BELUM DI HARGAI SESUAI DENGAN PENGORBANAN DAN PERJUANGAN SERTA ILMU YANG BERMANFAAT BESAR YANG DIA BERI.
MENYADARI AKAN HAL TERSEBUT, PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU SEJAK 10 TAHUN TERAKHIR TELAH MULAI LEBIH MEMPERHATIKAN, MENGGALI, MEMPERBAIKI MENGEMBANGKAN SERTA MEMBANGUN TEMPAT KELAHIRAN TUAN GURU SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN YANG BERADA DI DESA RANTAU BINUANG SAKTI KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU. KHUSUSNYA KOMPLEK MAKAM YANG BERISIKAN BERBAGAI BENDA DAN BUKTI PERADABAN BERABAD YANG SILAM. SELAIN PEMAKAMAN TUA SEPERTI KAYU GAHARU BESAR, BATU BULAT TEMPAT WUDUK TUAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN, TEMPAT KHALWAT, BENTENG PERTAHANAN SERTA BATU PILAR PENINGGALAN BELANDA.
BAHKAN PERHATIAN KHUSUS DILAKSANAKAN BERUPA PERINGATAN MILAD TUAN GURU BUSILAM TERSEBUT YANG SUDAH MEMASUKI TAHUN KE LIMA. HAL INI DIBUKTIKAN DENGAN MULAI DIBANGUNNYA JALAN KEARAH DESA RANTAU BINUANG SAKTI YANG TERGOLONG PERLU PERBAIKAN KARENA BERADA DI TEPI SUNGAI BATANG LUBUH YANG KONDISINYA TIDAK LUPUT DILANDA BANJIR 2 SAMPAI 3 KALI PERTAHUNNYA. TIDAK HANYA JALAN DI LOKASI TANAH SELUAS 6,8 HEKTAR HIBAH DARI MASYARAKAT DESA RANTAU BINUANG SAKTI KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU TELAH MEMILIKI SERTIFIKAT BPN DENGAN NOMOR 05.09.05.10.4.00001, TANGGAL 31 DESEMBER 2018. KEMUDIAN TELAH DIBANGUN VISITOR CENTER, GERBANG MASUK SAMPAI MEMBANGUN SEBUAH SURAU SULUK REPRESENTATIF SEJAK 2018 BERUKURAN 33 M X 33 M TERDIRI DARI 2 LANTAI DENGAN NAMA SURAU SULUK SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN DENGAN ANGGARAN LEBIH DARI 5 MILYAR RUPIAH DI LOKASI TERSEBUT JUGA SUDAH ADA DUPLIKAT MAKAM SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN YANG DIBUAT PADA TAHUN 2019 ATAS IZIN TUAN GURU KE 11 SYEKH HASYIM AL SYARWANI KEPADA KHOLIFAH MUSTAFA MURSYID SURAU SULUK SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN RANTAU BINUANG SAKTI WAKTU ITU.
KESERIUSAN TERSEBUT SEMAKIN TERANG DENGAN PERNYATAAN BUPATI ROKAN HULU H. SUKIMAN PADA HAUL KE 3 SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN PADA TAHUN 2020, DAN MENGATAKAN BAHWA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN ADALAH TOKOH ULAMA BESAR KELAHIRAN ROKAN HULU SUFI YANG SANGAT BERJASA DAN HARUS KITA HORMATI. SUKIMAN BERKOMITMEN UNTUK MELANJUTKAN PEMBANGUNAN SURAU SULUK SAMPAI TUNTAS JIKA ALLAH MENGIZINKAN DAN DIBERI UMUR PANJANG SERTA SESUAI KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH SEHINGGA LOKASI INI MENJADI PUSAT PENGEMBANGAN SULUK YANG REPRESENTATIF DI KABUPATEN ROKAN HULU BAHKAN SE ASIA TENGGARA.
BEGITU PULA WAKIL BUPATI H. INDRAGUNAWAN, MENGHARAPKAN SEBAGAI TOKOH BESAR PANTAS KIRANYA JEJAK LANGKAH SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN DAPAT DIJADIKAN SEBUAH VIDEO SEBAGAI BAHAN PELAJARAN UNTUK KITA SEKARANG DAN MASA YANG AKAN DATANG. SEBAGAIMANA VIDEO YANG DISAJIKAN INI.
DENGAN DEMIKIAN TIDAK BERLEBIHAN KIRANYA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SEBAGAI SEORANG SUFI ANAK JATI ROKAN HULU MENGINSPIRASI LAHIRNYA JULUKAN ROKAN HULU SEBAGAI NEGERI SERIBU SULUK, KARENA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MERUPAKAN PENDIRI TOKOH PENGEMBANG DAN PENYEBAR AJARAN SULUK LEBIH 1,5 ABAD YANG LALU DI DAERAH INI. SEHINGGA ROKAN HULU MEMPUNYAI KEBANGGAAN TERSENDIRI, DIMANA DAERAHNYA MERUPAKAN TEMPAT LAHIRNYA TOKOH BESAR DAN DISEGANI SEHINGGA HARAPANNYA ROKAN HULU AKAN MENJADI SUATU DAERAH YANG BESAR DAN DISEGANI PULA DI MASA YANG AKAN DATANG.
SUNGGUH
MERDU SUARA SANTRI
MEMBACA
QURAN BERPAKAIN SOPAN
SEKARANG
TELAH DITEMUI MUTIARA SUFI
DIALAH TUAN
GURU SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN
UCAPAN
SYUKUR DIBACA DAHULU
DIIKUTI
DENGAN SELAWAT DAN SALAM
SYEKH ABDUL
WAHAB LAHIR DI ROKAN HULU
MENJADI TUAN
GURU BESAR DI BABUSSALAM
AIR MENGALIR
MELALUI SELOKAN
SELOKAN
BERMUARA SAMPAI KE TELUK
KARENA
TEMPAT LAHIRNYA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN
ROKAN HULU
DIJULUKI NEGERI SERIBU SULUK
Komentar
Posting Komentar