Langsung ke konten utama

NAPAK TILAS SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN, Part 4

SEPANJANG HIDUPNYA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN TERCATAT MEMPUNYAI ISTERI 27 ORANG  NAMUN MENURUT RIWAYAT TIDAK DIPAKAI SECARA BERSAMAAN AKAN TETAPI  TETAP MENURUT SYARIAT ISLAM  HAL INI DILAKSANAKAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN TARIQAT DAN MENGHINDARI PERZINAAN  SEBAGAIMANA WASIATNYA YANG KE 23  DARI  WASIATNYA YANG 44  HAL INI TERBUKTI KETIKA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN KELILING KE PASIR LIMAU KAPAS   DAN PEMATANG SIANTAR    NEGERI BILAH DAN PANE  SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MENIKAH DENGAN KHADIJAH PUTRI KAMPUNG RAWA  MEMPUNYAI SEORANG ANAK BERNAMA ADAM  DENGAN GELAR HAJI ZAKARIA  DIANTARA ISTERI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN BERNAMA INDAH ADALAH ADIK DARI SULTAN ZAINAL ABIDINSYAH ISTRI TERAKHIRNYA  BERNAMA SITI YANG BERASAL DARI BATU PAHAT  MALAYSIA.

PERISTIWA KEDUA PADA WAKTU SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MAU MEMBANGUN MASJID YANG LEBIH BAIK DARI MASJID SEMULA DI KAMPUNG SUNGAI MASJID DI DUMAI, BAHAN KAYU DAN PERALATAN YANG DIKUMPULKAN HILANG DI CURI ORANG. SEHINGGA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SAMPAI BERSUMPAH BAHWA DAERAH ATAU LOKASI TERSEBUT TIDAK AKAN MAJU SELAMA SATU GENERASI  SUMPAHNYA MAKBUL  TERBUKTI DAERAH ITU SEPI DAN AJARAN TAREKAT NAQSYABANDI TIDAK BERKEMBANG  SEKARANG DAERAH INI, YANG TELAH DITINGGALKAN LEBIH DARI SATU GENERASI, TELAH MULAI RAMAI KEMBALI DIISI OLEH MASYARAKAT DARI BERBAGAI DAERAH.


PADA TAHUN 1291H1875 MSYEKH ABDUL WAHAB ROKAN KEMBALI KE KAMPUNG TEMPAT KELAHIRANNYA  RANTAU BINUANG SAKTI  SETELAH MERANTAU SELAMA 18 TAHUN MENUNTUT ILMU  SELAMA 11 TAHUN SAMPAI KELUAR NEGERI DAN MENYEBARKAN TAREKAT NAQSYABANDI  SELAMA 7 TAHUN DI KUBU DAN DUMAI DI RANTAU BINUANG SAKTI DISAMPING MENGEMBANGKAN TARIKAT NAQSYABANDI YANG KE 3  SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MENDIRIKAN ORGANISASI PERSATUAN ROKAN ATAU OPR, YANG DIMAKSUD ROKAN WAKTU ITU ADALAH MELIPUTI ROKAN HULU DAN ROKAN HILIR SEKARANG. DAN BERARTI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN TERMASUK SEORANG PELOP0R TENTANG PENTINGNYA PERSATUAN DAN KESATUAN UMMAT DAN MASYARAKAT, TERBUKTI OPR YANG DIBENTUKNYA LAHIR, 33 TAHUN SEBELUM ORGANISASI BUDI UTOMO TAHUN 1908 M 1324 H DAN 53 TAHUN SEBELUM SUMPAH PEMUDA TAHUN 1928 M1346 H. 

YANG MENDAPAT DUKUNGAN DARI BERBAGAI PEMUKA AGAMA DAN MASYARAKAT KETIKA ITU TERPILIH SEBAGAI KETUA ADALAH H. ABDULLAH MUTHALIB MUFTI, SEORANG ULAMA DAN PEMUKA AGAMA DI ROKAN.

ORGANISASI INI BERTUJUAN UNTUK MEMPERSATUKAN TENAGA DAN PIKIRAN KELUARGA ROKAN UNTUK MENYEBARKAN AGAMA, ANTARA LAIN DENGAN MENDIRIKAN LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN YANG LANGSUNG DIKETUAI OLEH SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN  ORGANISASI INI DILENGKAPI DENGAN BADAN PENGHUBUNG YANG BERTUGAS UNTUK MENGADAKAN KONTAK DENGAN LUAR NEGERI  BADAN PENGHUBUNG ITU DIKETUAI SUTAN ZAINAL ABIDIN  PUTRA RAJA TAMBUSAI KETIKA ITU  BADAN INI SEMPAT MELAKUKAN HUBUNGAN DENGAN MENGIRIM UTUSAN LANGSUNG KE KERAJAAN TURKI UTSMANI DAN KERAJAAN PERAK DI SEMENANJUNG MALAKA  KEMBALI ABDUL WAHAB ROKAN TELAH BERFIKIR DAN BERBUAT LANGSUNG AKAN PENTINGNYA MENCERDASKAN MASYARAKAT, MURID DAN PENGIKUTNYA YANG DIKELOLA MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN RESMI  TERHITUNG 37 TAHUN SEBELUM BERDIRINYA ORGANISASI MUHAMMADDIYAH TAHUN 1328 H1912 M DAN 53 TAHUN SEBELUM BERDIRINYA ORGANISASI NAHDATUL ULAMA (NU) TAHUN 1344 H  1926 M DIIKUTI DENGAN MENJALIN HUBUNGAN LUAR NEGERI UNTUK DIAKUI DALAM PERGAULAN DUNIA, 70 TAHUN SEBELUM INDONESIA MERDEKA TAHUN 1361 H 1945 M.

NAMUN ATAS PERTIMBANGAN SITUASI POLITIK KETIKA ITU, PADA TAHUN 1292 HIJRIYAH ATAU1876 MASEHI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN PINDAH DARI RANTAU BINUANG SAKTI KEMBALI KE KUBU  KEHADIRAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SEBAGAI ULAMA YANG DISEGANI DAN YANG SELALU MENDAPAT DUKUNGAN DARI RAJA-RAJA MELAYU  MEMBUAT BELANDA MENCURIGAI GERAK-GERIK SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN.

AKIBATNYA IA TIDAK MERASA NYAMAN, AKHIRNYA IA PUN PINDAH LAGI KE KUALUH (LABUHAN BATU) ATAS PERMINTAAN SULTAN ISHAK RAJA KERAJAAN KUALUH WAKTU ITU  DI SANA IA MEMBUKA PERKAMPUNGAN SEBAGAI PUSAT DAKWAHNYA YANG KE EMPAT  DAN MEMBERI NAMA KAMPUNG SUNGAI JATUHAN  SEIRING PERKEMBANGAN WAKTU  SULTAN ISHAK WAFAT  POSISI SULTAN DIGANTIKAN OLEH ADIKNYA YANG BERNAMA TUANKU UDA  TETAPI SANGAT DISAYANGKAN  TUANKU UDA KURANG SIMPATI KEPADA SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN  DALAM KONDISI TERSEBUT  SULTAN MUSA PENGUASA KERAJAAN LANGKAT JUSTRU SIMPATI DAN MENGHARAPKAN AGAR SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN PINDAH KE LANGKAT  AKHIRNYA SETELAH 2 TAHUN TEPATNYA TAHUN 1294 HIJRIYAH ATAU1879 MASEHI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN  PINDAH KE GEBANG, LANGKAT  SEKALIGUS SEBAGAI TEMPAT ATAU PUSAT PENGEMBANGAN TARIKAT NAQSYABANDI YANG KE LIMA   SEMPAT DI GEBANG SELAMA 6 TAHUN  MAKA PADA TAHUN 1300 HIJRIYAH ATAU1883 MASEHI SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN BERSAMA 160 ORANG MURID DAN PENGIKUTNYA MENUJUBABUSSALAM ATAU BESILAM SALAH SATU DESA YANG BERADA DI WILAYAH TANJUNG PURA KECAMATAN PADANG TUALANG  KABUPATEN LANGKAT  PROVINSI SUMATERA UTARA  INDONESIA  JARAK DESA BESILAM DARI KOTA MEDAN SEKITAR 65 ATAU70 KILOMETER  PERKAMPUNGAN INI TERLETAK DI SEBIDANG TANAH WAKAF DENGAN LUAS LEBIH DARI 131,5 HEKTAR DARI SULTAN MUSA AL-MU'AZZAM SYAH SULTAN LANGKAT KETIKA ITU.

BABUSSALAM SECARA ETIMOLOGIS BERARTI PINTU KESEJAHTERAAN  MENGAMBIL DARI NAMA SALAH SATU PINTU MASJIDIL HARAM  YANG SELALU DILEWATINYA PADA WAKTU MENUNTUT ILMU DI MEKKAH.

DI BABUSSALAM SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN DAN PENGIKUTNYA KEMBALI MEMBANGUN PERTAMA KALI SEBUAH MASJID SEBAGAIMANA PADA 5 TEMPAT SEBELUMNYA  YANG DIJADIKAN SEBAGAI TEMPAT DAN PUSAT PERTAMA PENGEMBANGAN THAREQATNYA  SEKALIGUS  KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN LAINNYA  AWALNYA MASJID TERSEBUT TERBUAT DARI KAYU DAN BERUKURAN 6 X 10 DEPA (SATUAN UKUR SETARA DENGAN SEPANJANG KEDUA BELAH TANGAN MELEBAR DARI UJUNG JARI TENGAH TANGAN KIRI HINGGA UJUNG JARI TENGAH TANGAN KANAN)  JIKA DISAMAKAN DENGAN UKURAN CENTIMETER, RATA-RATA SEPANJANG 150 CM ATAU 1,5 METER   BERARTI BERUKURAN 9  X 15 M  KEMUDIAN DIIKUTI DENGAN MEMBANGUN RUMAH SULUK YANG TERPISAH ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN.

SELANJUTNYA DIIKUTI DENGAN MEMBANGUN RUMAH LAJANG  YAITU RUMAH SIGAI TEMPAT TINGGAL ANAK LAKI-LAKI YANG TELAH DEWASA  KARENA PADA MASA ITU ANAK LAKI-LAKI YANG TELAH DEWASA TIDAK BOLEH TINGGAL BERSAMA DENGAN ORANG TUANYA .

HAL INI BERTUJUAN UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN MEREKA AGAR LEBIH MANDIRI  SELAIN RUMAH SULUK DAN RUMAH LAJANG  DIBANGUN JUGA RUMAH FAKIR MISKIN  ORANG TERLANTAR  DAN TEMPAT PENAMPUNGAN ANAK YATIM PIATU.

SETELAH BABUSSALAM MULAI BERKEMBANG, PENDUDUKNYA MULAI RAMAI, SEHINGGA MUSHALA YANG LAMATIDAK MAMPU LAGI MENAMPUNG JAMAAH MAKA PADA TAHUN 1320 H1902 MASEHIDIBANGUN MADRASAH BESAR BERUKURAN 25X52 METER SEBAGAI PENGGANTI MUSHALA YANG DIBANGUN PADA TAHUN1300 H 1882 M  MADRASAH TERSEBUT TERDIRI DARI TIGA TINGKAT  MASING-MASING TINGKAT MEMPUNYAI FUNGSI SENDIRI  WALAUPUNNAMANYA MADRASAH TETAPI MEMILIKI FUNGSI SAMA DENGAN MESJID YAITU UNTUK TEMPAT SHALAT DAN MENGAJI  SELAIN MADRASAH BESAR, DIBANGUN PULA RUMAH SULUK YANG MEMILIKI PERANPENTING DALAM KEGIATAN PERSULUKAN.

RUMAH SULUK TIDAK HANYA BERPERAN SEBAGAI TEMPATTINGGAL ATAU TEMPAT BERISTIRAHAT PARA PENGIKUT SULUK  TETAPI JUGA SEBAGAI TEMPAT PROSES BERLANGSUNGNYA PENYUCIAN JIWA  LATIHAN ZIKIR SESUAI DENGAN AJARAN DAN KETENTUAN RUMAH SULUK INI TERPISAH ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN.

SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN MENGANUT PAHAM ASY’ARIYAH, TAREKATNYA TERGOLONG KE DALAM IKHTILAF AHLUS SUNNAH YANG BERMAZHAB SYAFI’I  SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN DIKENAL DENGAN NAMA JULUKAN ATAU SEHARI HARI TUAN GURU BABUSSALAM ATAU BASILAM

Komentar

© 2020 YUSMAR YUSRO

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.